Selamat Hari Jadi Kebun Raya Balikpapan ke 15 Tahun

Wednesday - 02 Desember 2020 - Dibaca: 69 kali

Berawal dari keprihatinan akan kerusakan ekosistem hutan yang terus terjadi di Kalimantan Timur yang berdampak pada hilangnya beberapa jenis tumbuhan khas Kalimantan. Maka tercetuslah perencanaan pembangunan Kebun Raya Balikpapan yang akhirnya diresmikan pada 1 Desember 2005. Titik awal pembangunan ditandai dengan penyerahan masterplan Kebun Raya Balikpapan dari Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia kepada Walikota Balikpapan. Bertepatan dengan acara tersebut dilakukan penyerahan maskot Kebun Raya Balikpapan dari LIPI kepada Pemkot Balikpapan yaitu tanaman kantong semar (Nepenthes mirabilis). Namun pada tahun 2007 terjadi perubahan maskot Kebun Raya Balikpapan yang awalnya tanaman kantong semar menjadi pohon endemik Kalimantan yaitu Ulin (Eusideroxylon zwageri).

Hingga saat ini Kebun Raya Balikpapan menjadi satu-satunya kawasan konservasi ex-situ di Kalimantan Timur. Dalam mewujudkan visi Kebun Raya Balikpapan untuk menuju Kebun Raya Profesional yang menjadi ciri khas kawasan hutan tropis asli Kalimantan di dalam kota yang ikut menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat Kota Balikpapan dalam bidang konservasi, penelitian, pendidikan dan pariwisata memerlukan proses yang panjang dan tidak sebentar. Pada setiap prosesnya dilakukan dengan baik agar Kebun Raya Balikpapan terus berkembang dan menjadi salah satu sarana pendidikan, wisata, dan benteng konservasi bagi masyarakat disekitarnya khususnya masyarakat Kota Balikpapan. Perjalanan pembangunan Kebun Raya Balikpapan masih sangat panjang, pengembangan yang dilakukan setiap tahunnya akan terus ditingkatkan agar dapat memenuhi fungsi dasar sebuah kebun raya yaitu sebagai fungsi konservasi, pendidikan, penelitian, wisata alam, dan jasa lingkungan.

Pada Dirgahayu 15 tahun ini, Kebun Raya Balikpapan telah memiliki capaian yang dapat ditiru oleh kebun raya lainnya yaitu keberhasilan dalam pengelolaan CSR dan Flora tumbuhan Kayu Endemik Kalimantan, dan juga penerapan kolaborasi teknologi informasi  dan konservasi yakni DIGITASI yang dapat memudahkan pengunjung dalam mempelajari koleksi tumbuhan dalam kawasan konservasi Kebun Raya Balikpapan. Selain itu, Dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-15 ini Kebun Raya Balikpapan membuat buku Reflksi Perjalanan 15 Tahun Pengelolaan Kebun Raya Balikpapan yang di cetak terbatas sebagai bukti perjalanan dari Kebun Raya Balikpapan.

Selamat Hari Jadi Kebun Raya Balikpapan!