Antusiasme Para Pengunjung di Kebun Raya Balikpapan Setelah Di Buka Kembali

Monday - 26 Oktober 2020 - Dibaca: 99 kali

Sejak Kebun Raya Balikpapan dibuka kembali pada 24 Oktober 2020, para pengunjung sangat antusias dan mengikuti protokol yang telah ditetapkan oleh pengelola Kebun Raya Balikpapan. Para pengunjung sudah mulai mendatangi Kebun Raya Balikpapan bahkan sebelum pukul 08.00 WITA. Pengunjung datang bersama keluarga atau teman-teman mereka. Di masa new normal ini para pengunjung yang datang ke Kebun Raya Balikpapan sangat tertib dan mematuhi protokol kesehatan. Pengunjung yang akan masuk ke Kebun Raya Balikpapan harus melewati beberapa tahap yaitu pengecekan suhu dengan termo gun, mencuci tangan, dan menggunakan masker. Kemudian pengunjung mengisi buku tamu pada pos pemeriksaan. Setelah itu pengunjung dapat menikmati objek wisata dan fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Balikpapan. Pembukaan kembali Kebun Raya Balikpapan di sambut hangat oleh warga Kota Balikpapan.

“Pembukaan kembali Kebun Raya Balikpapan ini sangat bagus sekali terutama di masa pandemi ini, orang-orang kan hobinya sekarang bercocok tanam sehingga tempat ini cocok untuk tempat rekreasi keluarga dan untuk camping juga” kata salah satu pengunjung. Selama dilakukan penutupan Kebun Raya Balikpapan membuat banyak persiapan untuk menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan peraturan, memperbaiki fasilitas yang tersedia, dan menambahkan fasilitas baru. “Sebelum kebun raya ini ditutup karena pandemi dan dibuka kembali saya melihat ada beberapa area baru yang dibuka dan fasilitas-fasilitas baru seperti taman bermain anak” kata pengunjung lainnya, Minggu (25/10/2020). Terhitung dari hari pertama pembukaan kembali Kebun Raya Balikpapan terdapat 67 pengunjung atau hanya sekitar 22% pembatasan jumlah pengunjung Kebun Raya Balikpapan (300 pengunjung per hari). Kemudian pada hari kedua melonjak 5 kali lipat yaitu 317 pengunjung.

Dilihat dari jumlah pengunjung hari kedua yang melewati batas jumlah kunjungan di Kebun Raya Balikpapan, maka pengelola Kebun Raya Balikpapan melakukan evaluasi terkait penerimaan pengunjung di Kebun Raya Balikpapan. Sehingga dapat tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan melalui Surat Edaran Walikota Balikpapan Nomor 440/0397/Pem Tahun 2020 tentang Tata Tertib Pengunjungan Kawasan Wisata. Beberapa evaluasi yang akan diterapkan untuk menjaga batas jumlah kunjungan di Kebun Raya Balikpapan yaitu batas maksimal pengunjung dalam satu kawasan Kebun Raya Balikpapan adalah 250 orang (apabila telah mencapai batas maksimal maka pengunjung diminta untuk menunggu di luar kawasan sampai terdapat pengunjung yang keluar dari kawasan) dan pengunjung dalam bentuk rombongan (>10 orang) wajib melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pengelola Kebun Raya Balikpapan minimal 5 hari sebelum hari berkunjung.