Launching program Kawasan Wisata Konservasi Ramah Lingkungan

Thursday - 15 Juli 2021 - Dibaca: 338 kali

BALIKPAPAN-Masih dalam suasana memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni lalu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, pada Kamis (10/6)  melaunching program bertajuk Kata Si Ramli, yang merupakan akronim dari Kawasan Wisata Konservasi Ramah Lingkungan, sekaligus meresmikan Kebun Raya Balikpapan (KRB) sebagai kawasan wisata konservasi ramah  lingkungan.

"Hari ini (kemarin) kita melaunching program yang digagas oleh Kebun Raya Balikpapan yaitu program Kata Si Ramli, akronim dari Kawasan Wisata Ramah Lingkungan, program ini bagian lanjutan dari program-program DLH untuk menempatkan kawasan wisata, ekonomi yang ramah lingkungan.  Minimal menerapkan Perda Nomor 1 Tahun 2019 mengenai batasan kemasan sekali pakai,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Kota Balikpapan, Tommy Alfianto, didampingi Kepala UPTD KRB  Arrizal Rahman, di KRB Jalan Soekarno Hatta Km 15, Karang Joang, Balikpapan Utara, pada Kamis (10/6).

Tommy berharap, sejumlah kawasan wisata lainya di Balikpapan dapat meniru KRB sebagai kawasan ramah lingkungan yang melarang penggunaan kemasan sekali pakai.

Dengan demikian, kata Tommy, masyarakat yang akan berkunjung ke KRB diharapkan untuk mematuhi ketentuan Kata Si Ramli tersebut, di antaranya tidak menggunakan kemasan makanan sekali pakai, seperti plastik maupun kotakan, begitu pula dengan tempat minuman diharapkan pengunjung bisa membawa tumbler, atau kemasan isi ulang.

"biasanya kita datang ke KRB bawa makanan terbungkus dengan plastik, yang sekali pakai terbuang.  Mungkin kita rubah, pakai tumbler, makanan yang tadinya kotakan jadi pakai rantang, sehingga kawasan  wisata itu tetap bersih terjaga, dan tidak dipenuhi sampah," ujarnya.

Tommy juga berpesan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan positif untuk menjaga kelestarian lingkungan, sehingga perlu juga ditiru oleh instansi lain baik instansi pemerintah maupun swasta.