Seed Conservation Technique Course 2024

Thursday - 27 Juni 2024 - Dibaca: 53 kali


SCTC 2024 kembali dilaksanakan, Teman dari Kebun Raya Balikpapan berkesempatan hadir dalam kegiatan yang dimulai dari 10 – 15 Juni 2024 yang berlokasi di Kawasan Konservasi Ilmiah (KKI) Kebun Raya Eka Karya Bali.

Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara BRIN, Arcadia Fund – Royal Botanic Gardens Kew dan Garfield Weston Foundation, dengan melibatkan peneliti, Direktorat Pengelolaan Koleksi Ilmiah (DPKI) dan perwakilan Kebun Raya Daerah (di bawah koordinasi Direktorat Kemitraan Riset dan Inovasi - Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN)

Seed Bank atau Bank Benih merupakan fasilitas khusus yang digunakan untuk menyimpan dan melestarikan benih dari berbagai tumbuhan. Tujuan utamanya untuk menjaga keragaman genetik tumbuhan dan memastikan ketersediaan sumber benih di masa depan.

Kegiatan dimulai dari tahapan dalam Pengeloksian Benih mulai dari perencanaan spesies target , penentuan populasi ( termasuk pengisian form pre-collection assessment), persiapan kegiatan pengkoleksian Benih, Prosesing Benih, pengeringan benih, penyimpanan benih dan duplikasi, pengujian benih, pemantauan uji viabilitas benih, manajemen data, distribusi Benih dan manajemen Bank Benih.